Printer tinta yang  tidak digunakan secara teratur kadang akan timbul masalah pada print headnya, masalah tersebut antara lain tersumbatnya lubang kecil pada print head akibat tinta yang mengering sehingga tinta tidak akan bisa lewat. Hal tersebut akan mengakibatkan print head akan tersumbat dan tidak akan bisa mencetak dengan maksimal atau bahkan berakibat tidak bisa mencetak sama sekali. Anda jangan khawatir dengan masalah print head macet ini, dengan larutan pembersih sederhana yang bisa kita buat komposisinya sendiri
dari bahan-bahan rumah tangga maka masalah print head macet ini akan bisa diatasi. Hanya dibutuhkan waktu yang tidak terlalu lama untuk membersihkan print head macet tersebut sehingga bisa dipakai secara lancar kembali. Cara mengatasi print head macet tersebut yaitu sebagai berikut :
  1. Siapkan sebuah wadah/ mangkok  tempat air berukuran kira-kira 200 ml dan pastikan mankok tersebut bersih dari debu atau sisa makanan.
  2. Isi wadah tersebut dengan 1 sendok makan alcohol, setetes  sabun cuci piring yang cair lalu kemudian aduk sampai benar-benar merata dan jadilah larutan pembersih kita.
  3. Celupkan kapas secukupnya ke larutan pembersih kemudian letakkan pada print head macet yang akan kita perbaiki. Larutan pembersih ini akan memecah penyumbatan pada print head  macet tersebut. 
  4. Lap print head dengan lap kering dan print head siap dicoba untuk proses pencetakan.
Lakukan langkah diatas sampai print head benar-benar sudah tidak tersumbat  dan bisa mencetak dengan baik, apabila sudah dilakukan beberapa kali ternyata print head tetap tidak bisa mencetak dengan baik berarti print head anda sudah rusak permanen dan harus diganti.

Comments (1)

On 5 Januari 2012 pukul 07.31 , printercorner mengatakan...

nice info

 

Entri Populer