Ketika kita sedang bekerja dengan printer , pada suatu ketika kita akan dihadapkan pada permasalahan kertas macet (paper jam) pada printer. Hal ini adalah suatu hal yang sangat menggangu apalagi jika kita sedang diburu waktu untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang membutuhkan proses pencetakan. Kadangkala dalam menghadapinya karena terburu-buru dan kita tidak tahu dalam menangani masalah printer jam maka kita malah melakukan hal yang bisa mengakibatkan kerusakan pada spare part printer tersebut. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa anda lakukan ketika hal itu terjadi:

  1. Matikan printer.
  2. Periksa pada baki kertas dimana kertas tersebut berasal , jika kertas macet tersebut masih terlihat dan bisa di ambil secara manual maka langsung diambil saja.
  3. Keluarkan baki kertas semua dan setiap kertas yang mungkin terjebak antara baki dan printer. Jika kertas macet bisa terlihat dan dapat diambil, maka bisa diambil langsung dengan hati-hati. Jangan dipaksakan apabila memang susah untuk mengambilnya karena jika dipaksa kadang bisa merusak elemen pemanas jika untuk printer laser.
  4. Buka pintu printer yang memungkinkan Anda akses ke cartridge printer tinta atau toner dan cari kertas macet yang mungkin ada . Jika kertas macet terlihat bisa diambil langsung maka bisa segera diambil.
  5. Hidupkan kembali printer.
Jika Anda terus mengalami printer macet, coba untuk mengulangi langkah di atas lagi. Jika masalah masih berlanjut dan Anda melihat ada kertas yang menempel di printer itu kemungkinan printer Anda mengalami masalah hardware lain. Kami sarankan untuk menghubungi pembuat printer untuk bantuan tambahan atau perbaikan.
Untuk Mengambil secara manual kertas yang macet pada printer, tarik kertas dengan kedua tangan berhati-hati untuk tidak merobek kertas sambil menariknya. Jika Anda tidak bisa memegang tepi kertas yang memungkinkan Anda untuk menarik, Anda mungkin perlu secara manual memutar roda gigi pada feed kertas melalui printer.

Mencegah kemacetan kertas printer
Kertas macet (paper jam) pada printer adalah masalah yang tidak dapat dihindari pada siklus pemakaian printer Anda. Namun, jika Anda terlalu sering hadapi kemacetan kertas maka dianjurkan untuk mengikuti langkah-langkah di bawah ini agar membantu mencegah kemacetan kertas berulang.
  1. Jangan mengisi baki kertas sampai kapasitas maksimal, karena hal itu akan bisa menyebabkan kertas macet . usahakan mengurangi jumlah kertas di baki kertas jika anda mengalami kemacetan (paper jam).
  2. Pastikan bahwa kertasa dapat masuk ke baki kertas secara benar dan pastikan juga slider pengatur ukuran kertas digunakan sesuai dengan kertas yang dipakai untuk mencetak. Banyak printer memiliki slider yang memungkinkan berbagai jenis dan ukuran kertas yang akan dimasukkan ke dalam printer. Posisi slider yang tidak benar dapat menyebabkan kemacetan kertas.
  3. Gunakan kertas dengan ukuran dan jenias yang benar sesuai panduan pemakaian printer. Kertas yang tidak standar pada berat maupun ukurannya bisa menyebabkan kemacetan kertas pada printer (paper jam).
  4. Jangan memasukkan tambahan kertas pada saat sedang proses print sedang berlangsung
  5. Periksa printer untuk setiap kertas yang tersangkut dalam proses pencetakan printer sebelumnya. Kemacetan kertas sebelumnya, kertas robek, label pencetakan atau benda asing lainnya di printer dapat menyebabkan kemacetan printer(printer jam) terjadi lagi.

Comments (1)

On 4 Januari 2012 pukul 19.09 , printercorner mengatakan...

ini yang ane cari...sipp makasih

 

Entri Populer