Berbagai konsep tentang “rencana pemasaran” sangat banyak di bahas dalam berbagai referensi. Untuk kali ini kita akan sedikit mengupas pembahasan hal tersebut dari referensi buku Michael Porter yaitu “Competitive Advantage” dan karya Philip Kotler. Konsep yang dibahas dalam hal ini yaitu “generic” strategi dan strategi untuk harga, distribusi, iklan promosi, dan segmentasi pasar. Faktor-faktor lain seperti penetrasi pasar, pangsa pasar, margin keuntungan, anggaran, analisis keuangan, investasi modal, tindakan pemerintah, perubahan demografis, teknologi baru dan tren budaya juga turut dibahas.

Dalam strategi pemasaran anda, ada dua komponen utama yang harus diperhatkan :
  • Pasar yang kompetitif dan cara mengatasinya 
  • Kesinambungan operasional harian perusahaan
     Dalam pasar yang sangat kompetitif, diperlukan sebuah strategi yang menjamin pendekatan yang konsisten untuk menawarkan produk Anda atau layanan dengan cara yang akan menjual lebih banyak kompetitor. Namun dalam hal strategi pemasaran Anda juga harus memiliki metodologi yang dapat didefinisikan dengan baik pada level operasional harian. Strategi ini menjadi sedemikian penting jika dalam posisi kurang begitu memiliki sumber daya atau keahlian yang bagus.
   Dalam proses menciptakan strategi pemasaran Anda harus mempertimbangkan banyak faktor. Dari beberapa faktor tersebut, ada sebagian yang memegang faktor penting dalam strategi marketing. Dalam perencanaan strategi dituntut untuk bisa mengadaptasi beberapa pertimbangan yang unik, karena tidak masuk akal untuk mengimplementasikan 'setiap' faktor penting pada tingkat generik. Penjelasan lebih terperinci ada dibawah ini.
      Dalam membuat sebuah strategi pemasaran, terlebih dahulu harus ditentukan arah dan tujuan perusahaan dalam dalam hubungannya dengan kondisi perusahaan. Pada prinsipnya hal tersebut akan memilah kategori perusahaan menjadi 4 jenis kategori :
  1. Jika pasar sangat menarik dan perusahaan Anda adalah salah satu yang terkuat dalam industri. Anda akan ingin berinvestasi sumber daya Anda yang terbaik dalam mendukung penawaran Anda. 
  2. Jika pasar sangat menarik tetapi perusahaan anda adalah salah satu yang lemah dalam industri ini, Anda harus berkonsentrasi pada penguatan perusahaan, menggunakan penawaran Anda sebagai batu loncatan menuju tujuan ini. 
  3. Jika pasar tidak sangat menarik, tetapi perusahaan Anda adalah salah satu yang terkuat dalam industri maka pemasaran yang efektif dan efisiensi dalam hal penawaran penjualan akan baik untuk menghasilkan keuntungan jangka dekat. 
  4. Jika pasar tidak sangat menarik dan perusahaan Anda adalah salah satu yang lemah dalam industri, Anda harus menempatkan porsi penguatan pemasaran ini hanya jika mendukung bagian yang lebih menguntungkan dari bisnis Anda
Setelah memilih arah yang paling menguntungkan bagi kepentingan keseluruhan dari perusahaan, langkah berikutnya adalah memilih strategi untuk pemasaran yang akan paling efektif di pasar.
Pemilihan strategi pemasaran disini antara lain dapat menggunakan strategi yang dijelaskan sebagai 'generik' strategi (pertama kali dijelaskan oleh Michael Porter dalam, Keunggulan Kompetitif kerja nya). Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut
.....to be continued....

Comments (0)

Entri Populer